Ramadhan PATEN 1440 H

Tepat tanggal 16 Mei 2019 M (11 Ramadhan 1440 H), Himatika UINSU telah mengadakan acara bertajuk RAMADHAN PATEN dengan tema "Senyum Ceria Ramadhan, Bersama Meraih Keberkahan". Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, anak-anak panti asuhan Yayasan Al- Kahfi, dan beberapa tamu undangan lainnya. Selain itu, Himatika UINSU juga kedatangan anggota dari komunitas Kejar Mimpi Medan.

         Sumber: Panitia Dokumentasi

Adapun rangkaian acara ini diawali dengan penjemputan anak-anak panti asuhan Yayasan Al- Kahfi menuju UINSU Kampus I Sutomo. Terlihat raut wajah bertamsil senyum dan tawa mereka sembari berarak-arakan.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Setibanya di lokasi, beberapa panitia menyambut kedatangan mereka dengan ramah tamah. Kegiatan bersama anak-anak panti asuhan Yayasan Al-Kahfi pun dimulai dengan acara mewarnai. Satu demi satu tergores warna-warna indah sebagai tanda hasil dari imajinasi. Senyum yang melengkung tak sedikitpun sirna dari bibir mereka.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Tepat pukul 15.15 WIB, seluruh anak-anak panti asuhan Yayasan Al-Kahfi diiringi oleh panitia menuju Mesjid Ulul Albab untuk melaksanakan shalat Ashar. Setelahnya, mereka menaiki satu demi satu anak tangga menuju Aula H. Anif.

Sembari menunggu seluruh peserta melakukan registrasi kepada panitia administrasi agar bisa memasuki Aula H. Anif, puncaknya kegiatan Ramadhan Paten ini pun diawali dengan pembukaan oleh MC (Anjas Fernando dan M. Rio Farwansyah) dengan memperkenalkan anak-anak panti asuhan Yayasan Al-Kahfi.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Sumber: Panitia Dokumentasi

Antusias seluruh peserta masih saja membekas demi mengikuti beberapa agenda yang telah dipersiapkan oleh panitia acara. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat khidmat terutama agenda Khataman Al-Quran yang dipandu oleh Al-Ustaz. Tak lupa pula, ceramah singkat yang membuat seluruh peserta yang menghadirinya tidak bosan dan diselingi dengan tawa yang terus saja bergema.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Sumber: Panitia Dokumentasi

Salah satu jam berjenama dari panitia menunjukkan pukul 18.00 WIB. Hal tersebut sebagai pertanda takjil diberikan kepada seluruh peserta dan tamu undangan. Agenda inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta. Dimulai dengan yang manis-manis layaknya Sunnah Rasulullah SAW yaitu kurma. Tampak keceriaan dan kegembiraan bercampur haru saat lantunan adzan magrib berkumandang. Setelahnya seluruh peserta melaksanakan shalat maghrib berjamaah di Aula H. Anif.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Tak lama mereka membentuk lingkaran atas panduan dari panitia acara. Dalam sesak kekosongan rongga dada dari keresahan menjamuri sunyi, janganlah membiaskan biru pada hati nurani. Serpihkanlah setiap dedaunan layu yang tertiup angin sunyi. Semuanya berbahagia.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Butir-butir nasi memasuki mulut mereka sebagai rasa syukur atas pencapaian ibadah yang telah dilakukan selama sehari penuh. Kenikmatan semakin terasa sebab dikelilingi kekerabatan dalam ikatan jurusan matematika. Dengan ini, Himatika UINSU bermaksud  agar silaturahmi seperti inilah yang tetap dipegang penuh oleh mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Adapun beberapa donasi telah diberikan tepat diacara penutupan melaui perwakilan dari beberapa dosen dan anggota komunitas kejar mimpi medan. Semoga dengan adanya kegiatan saling berbagi ini mampu memberikan manfaat untuk mereka dan mengajarkan kepada kita semua untuk lebih peduli terhadap sesama.

Sumber: Panitia Dokumentasi

Sumber: Panitia Dokumentasi

"Ramadhan Paten di tahun ini sudah sangat bagus dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Memiliki daya tarik tersendiri dengan mengundang anak-anak panti asuhan Yayasan Al-Kahfi. Mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak panti asuhan Yayasan Al-Kahfi yang dipandu oleh panitia yang semangatnya luar biasa. Tidak lupa pula komunitas kejar mimpi yang berhasil mendukung acara ini sehingga Ramadhan Paten tahun ini benar-benar seru dan berkesan. Pada sore harinya ada pula acara yang berbeda, yaitu ceramah singkat dari ustaz yang super kece. Ceramah yang membuat para pendengarnya tidak suntuk dan tidak bosan. Di acara selanjutnya yaitu berbuka puasa. Wah !!! ini adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa. Pada saat itu, panitia memberikan yang manis-manis seperti Sunnah Rasulullah yaitu kurma. Hmm  .... rasanya nikmat haqiqi sekali berbuka bersama-sama dengan seluruh mahasiswa jurusan Matematika. Setelah berbuka dengan takjil, kami diarahkan untuk shalat maghrib berjamaah di aula tersebut. Setelahnya, kami diberi sebuah kotak yang berisi nasi beserta lauk-pauknya. Bagi saya yang anak kos ini, rasanya itu luar biasa banget bisa makan seperti ini. hehehe. Intinya Ramadhan Paten kali ini benar-benar sangat menarik." Ujar Ayu Rizkina (selaku Mahasiswa jurusan Matematika Stambuk 2017).


"Hidup itu bukanlah lomba lari, melainkan lomba berbagi. Hidup paling berharga bukanlah seberapa cepat kalian meraih mimpi, melainkan seberapa banyak manfaat yang bisa kalian beri kepada orang lain sampai terwujudnya sebuah mimpi tersebut."

Matematika, PATEN !!!
Saintek, HEBAT !!!
UINSU, JUARA !!!

Untuk informasi dan perkembangan kegiatan Himatika UINSU bisa ikuti sosial media kami berikut ini:
Instagram : @himatika_uinsu
Youtube : Himatika UINSU
SALAM SAHABAT PATEN !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar