MAKRAB MATH 2019

Sumber: Panitia Dokumentasi

Arak-arakan para peserta sembari melangkah menuju meja administrasi sebagai pertanda untuk mengikuti kegiatan bertajuk, "MAKRAB MATH 2019". Berbagai perasaan tergambar dalam raut wajah yang ditutupi oleh senyum dan tawa. Secara bergantian, para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu.

Menurut KBBI, akrab adalah dekat atau erat. Dengan kata lain, Makrab adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mempererat ukhuwah islamiah antar lingkungan intern program studi.

Beberapa pendapat mahasiswa mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak berguna dan hanya membuang waktu, materi dan tenaga. Bermain games, bernyanyi dan penyajian acara klasik seperti api unggun adalah hal yang membosankan bagi mereka. Namun, sebagian besar mahasiswa pula mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat antar lingkungan program studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan. Selain bisa saling mengenal antar mahasiswa yang memiliki visi yang sama, tentunya kegiatan ini mampu melatih diri agar berani tampil secara lugas.

Tepat tanggal 13 April 2019 pukul 14.00 WIB seluruh mahasiswa Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan berkumpul  untuk berpartisipasi mengikuti dan mensukseskan acara Makrab Math 2019. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan dan pelepasan para peserta mahasiswa jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan menuju Yonkav 6/ NK Asam Kumbang Medan. Adapun beberapa agenda yang telah dilakukan oleh para peserta, diantaranya:

1. Cek Kesehatan
  Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi para peserta yang sedang dalam keadaan sakit dan tidak memungkinkan untuk mengikuti acara tersebut.

Sumber: panitia dokumentasi

2. Training Motivasi
     Himatika UINSU melakukan kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan bisa termotivasi dari pengalaman dan kisah-kisah oleh pemateri yang terpilih.


Sumber: panitia dokumentasi

3. Games dan Pensi (Pertunjukan Seni)
Beberapa games dilakukan dengan tujuan untuk melatih kekompakan dan sportivitas para peserta. Games tersebut dilakukan oleh setiap kelompok yang terdiri dari masing-masing stambuk sehingga tingkatan senior-junior mampu bekerjasama dalam mencapai suatu misi yang mereka inginkan.
Tidak lupa pula pertunjukan seni yang harus ditampilkan. Bakat dan minat mereka tersalurkan melalui acara ini.


4. Kesakralan Api Unggun
Hal yang paling ditunggu-tunggu para peserta Makrab Math 2019 adalah berkobarnya api unggun. Tahap demi tahap yang dilalui sehingga sakralnya upacara masih saja membekas bagi seluruh peserta Makrab Math 2019.
Gemercik api yang menjilat-jilat keatas membalas kelelahan yang diiringi pembacaan puisi sebagai pertanda renungan batin. Bangga, gembira dan dekapan bersatu dalam malam yang kelam. Kini, serta merta saling menjaga sebagai ikatan sebuah kerabat. Alunan syahdu dikeluarkan dan berbuah senyum sebagai isyarat kesegaran yang berbinar.
Dalam detik, mereka menanti fajar. Memandang langit tanpa secercah cahaya untuk menghiasi gelap. Terasa sunyi dan senyap. Pohon-pohon menjulang tinggi dan rindang mengelilingi barak. Masih terbayang cahaya merah yang panas menemani dinginnya malam. Bercanda riang dan berbagi kisah. Sesekali mengusap telapak tangan yang sudah kemerahan. Kegembiraan tergambar dalam raut wajah. Hanya berkumpul melingkar. Sederhana.

Sumber: Panitia Dokumentasi

5. Olahraga
       Pada saat pagi hari, para peserta diberi kebebasan melakukan kegiatan olahraga seperti senam pagi, sepak bola, dan voli.
Pengingat subuh berteriak dalam gawai berjenama paling terkenal. Bersegera melewati jalanan licin untuk mengambil air. Air yang sejuk dan dingin. Bangkit sembari mengarak-arakan sang fajar. Kini, pagi bersama pelukan dengan kesabaran dalam menanti cahaya. Teriakan semangat pagi bergema seperti berada dalam gua demi menyambut fajar yang merekah.

Sumber: Panitia Dokumentasi

6. Isra' Mi'raj
    Tidak seperti biasanya, kegiatan Isra' Mi'raj kali ini dilakukan secara outdoor. Selepas shalat Shubuh berjamaah, kegiatan tersebut diisi dengan acara Isra' Mi'raj. Sadri Angkat adalah seorang mahasiswa Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan Stambuk 2017. Beliau berkesempatan mengisi ceramah pada acara Isra' Mi'raj tersebut. Tampak jelas antusias para peserta mendengar beberapa ilmu yang disampaikan oleh beliau.


Sumber: Panitia Dokumentasi

Himatika UINSU berupaya membentuk ikatan yang erat antar mahasiswa Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan. Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar Matematika mampu lebih PATEN dari sebelumnya.

Makrab Math 2019 benar-benar keren. Kegiatan perdana yang sangat memberi kesan dan kenangan. Mulai dari dijemputnya dengan mobil tentara yang tidak seperti biasanya menggunakan bus pariwisata, bertemu tentara-tentara yang tampan, games yang seru, sakralnya upacara api unggun dan berbaurnya seluruh stambuk Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan. Selain itu, kami juga bertemu panitia-panitia kece yang sudah bersusah payah memikirkan kegiatan yang sekeren ini. Lengkap deh pokoknya momen-momen yang tidak akan ada dimanapun kecuali Matematika PATEN!. Satu hal lagi, momen terbaik yang tidak saya lupakan adalah ketika dipertemukan kembali dengan teman lama. Ternyata selama ini kami satu jurusan, hanya saja berbeda di tingkatan semester. Waah... HIMATIKA UINSU keren banget pokoknya. Ditunggu event-event kece selanjutnya." tutur Ella Nuhrul Huda (selaku peserta Makrab Math 2019 dari Semester 4).
Begitulah perasaan yang disampaikan oleh salah satu peserta Makrab Math 2019 usai kegiatan dilakukan. Dengan acara ini Himatika UINSU bermaksud agar hilangnya sekat-sekat antar Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan. Sesungguhnya kita hidup harus bersosialisasi. Setiap hal akan lebih mudah dilakukan jika kita saling merangkul dan bekerja sama dalam mencapai visi dan misi yang akan diperoleh. Oleh karenanya, marilah mulai dari diri kita sebab tidaklah ada manusia yang mampu bijaksana dengan sendiri.

"Kebersamaan adalah permulaan. Menjaga bersama adalah kemajuan. Bekerjasama adalah keberhasilan"
-Henry Ford-


Sumber: Panitia Dokumentasi


Ucapan terima kasih kepada seluruh dosen yang telah mendukung dan mensukseskan acara Makrab Math 2019.

Ucapan terima kasih kepada pihak Yonkav 6/ NK yang telah membantu dan merangkul demi suksesnya acara Makrab Math 2019.

Ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dan rela mengerahkan seluruh tenaga, waktu, dan materi demi lancarnya acara Makrab Math 2019.

Ucapan terima kasih kepada seluruh mahasiswa Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UINSU Medan yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam mensukseskan acara Makrab Math 2019.

Matematika, PATEN !!!
Saintek, HEBAT !!!
UINSU, JUARA !!!

Sumber: Panitia Dokumentasi

Untuk informasi dan perkembangan kegiatan HIMATIKA UINSU bisa ikuti sosial media kami berikut ini :
Instagram : @himatika_uinsu
Youtube : Himatika UINSU

SALAM SAHABAT PATEN !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar